Jumat, 20 Januari 2017

Jadikan Rasa Iri Sebagai Motivasi

Iri hati atau dengki  adalah prasaan tidak senang terhadap kebahagiaan atau keberuntungan yang di miliki oleh orang lain, berusaha untuk mendapatkannya atau bahkan berusaha agar orang lain tidak mendapatkannya atau bahkan senang ketika orang lain kehilangannya.

Semua orang pasti pernah merasakan Iri hati  terhadap kesuksesan atau keberuntungan orang lain.
Menurut saya itu adalah sifat manusiawi, bohong jika ada yang bilang dia tidak pernah iri terhadap orang lain.

Kenapa harus malu, kalau memang iri terhadap kesuksesan orang lain, tapi  cobalah untuk meraihnya juga dengan cara yang baik dan positif.


Tantang rasa iri hati dengan usaha dan doa, sehingga ia menjadi motivasi dan inspairing.
Bagai mana dan seberapa besar usaha kita untuk mencoba meraih keberuntungan yang di dapat oleh orang lain, tapi lakukan dengan cara yang baik, tidak dengan menjatuhkan orang lain atau menyakiti orang lain.

Terkadang aku pernah bahkan sering merasa iri hati terhadap keberuntungan orang lain, melihat kesuksesan yang mereka dapat, keberuntungan hidup yang menurutku mereka jauh lebih dari ku.
Aku tidak bisa menolak rasa ini muncul, tapi aku tetap meyakinkan diri dalam hati bahwa ada 4 hal yang selalu ku rnungkan bila rasa iri itu muncul.

1. Saat rasa iri muncul, yakinkan diri dan hati  bahwa Tuhan telah mengatur segala sesuat yang terbaik untuk hambanya.

2. percayalah bahwa itu bukan rezeki yang tuhan berikan untuk kita, melainkan DIA punya sesuatu yang lebih istimewa dari padaitu, selagi kita sebagai manusia yang baik.

3. Ada hikmah lain yang akan datang selain rejeki orang lain yang kita harapkan.

4. Tuhan lebih tau apa yang terbaik untuk kita, mungkin itu bukan yang terbaik jika kita yang memperolehnya

Sehingga rasa iri itu berubah jadi harapan dan semangat baru untuk lebih giat untuk mencapainya. 

Pepatah bahasa Arab mengatakan “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, dan pepatah "dimana ada kemauan, pasti disitu ada jalan".
 
Terlepas dari apa hasil yang akan kita dapatkan nanti,apakah baik atau tidaknya, semua sudah di atur oleh Tuhan Yang Maha Esa bahwa itulah yang terbaik.
 
 Tuhan tidak akan pernah salah memberikan apa yang terbaik untuk kita, dan rezeki setiap manusia tidak akan poernah tertukar.
Banyak-banyak bersyukur atas apa yang saat ini kita miliki dan ikhlas dalam keadaan apapun.
Meskipun ikhlas itu tidak lah mudah, cobalah selalu melihat kebaikan dalam setiap hal dan selalu berfikir positif bahwa semua telah menjadi jalan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar